Home » , » Cara Aman membersihkan Lumut tanpa Bahan Kimia

Cara Aman membersihkan Lumut tanpa Bahan Kimia

Tips Perawatan Rumah

Kamar mandi adalah area yang biasanya selalu lembab dan basah. Hal ini menyebabkan lumut mudah sekali tumbuh, apalagi pada kondisi kamar mandi yang jarang terkena sinar matahari . Lumut yang tumbuh di kamar mandi selain memberikan pemandangan yang kurang sedap dan menimbulkan bau apek,lumut  juga bisa membuat anda dan keluarga Anda terpeleset saat menginjaknya karena lantainya yang  licin.
Untuk mengatasinya, ada beberapa cara untuk membersihkannya dan tentunya  tanpa kandungan bahan kimia yang biasanya membuat kulit anda iritasi saat terkena cairannya. Cara ini bisa kita lakukan sendiri di rumah dengan mudah dan aman.

1. Pemutih Pakaian
Cara: Campur pemutih pakaian ( bayklin) dengan air, dengan perbandingan 1:4 aduk  hingga rata. Kemudian siramkan pada tempat yang berlumut dan gosok dengan sikat. Lakukan secara berulang sampai bersih dan siram dengan air lalu keringkan.

2. Larutan Garam
Cara: Siapkan 3 sendok makan garam dapur campur dengan 2 liter air, larutkan campuran tersebut dengan cara di rebus hingga mendidih. Selanjutnya siramkan larutan selagi panas ke dinding/lantai yang berlumut dan gosok dengan sikat hingga bersih. Lakukan secara berulang untuk hasil yang maksimal. Setelah bersih dari lumut kemudian bilas dengan air.

3. Air Kapur
Cara: Buat larutan air kapur terlebih dahulu dengan cara larutkan kapur dengan air secukupnya. Siramkan larutan ke dinding/lantai yang berlumut,diamkan semalaman. Keesokan harinya gosok lantai dengan sikat, dan lumut-lumut pun akan mudah terkelupas. Siram dengan air hingga bersih.

4. Bata Merah
Cara: Gosokan bata merah pada lantai yang berlumut hingga merata, lalu bilas dengan air hingga bersih. Lumut yang ada pada lantai akan tergerus dan lantai pun bebas dari lumut. Cara ini sebenarnya tidak menghentikan perkembang biakan lumut jadi Anda harus mengulang membersihkan lumut setiap kali ada lumut baru yang tumbuh.

5. Kaporit
Cara: Siapkan bubuk kaporit secukupnya kemudian taburkan ke seluruh dinding/lantai yang berlumut,diamkan selama 1 jam. Selanjutnya akan muncul buih- buih yang menandakan lumut sudah terangkat. Siram dengan air sampai bersih kemudian gosok dengan air sabun. Siram sekali lagi dengan air agar tidak licin.

Cara di atas sangat cocok bagi Anda yang tidak ingin tangannya iritasi akibat cairan kimia keras yang biasa di jual di pasaran. Karena sebenarnya cairan kimia mengandung formalin sebagai bahan aktif yang berfungsi sebagai pembunuh kuman.
Share this product :

62 comments

January 19, 2014 at 5:48 PM

Mantap infonya, ternyata banyak cara untuk membersihkan lumut, dan bahan yang digunakan juga mudah didapatkan, makasih ..

January 19, 2014 at 11:25 PM

asalamualaikum
ternyata bisa menghilangkan lumut tanpa bahan kimia
trims sharingnya nt akan sy coba

January 20, 2014 at 3:05 AM

Makasih info menariknya Teman, boleh juga nih

January 20, 2014 at 5:08 AM

Ternyata tak perlu jauh-jauh mencari bahan pembersih dinding kamar mandi berlumut. Terima kasih infonya, mas...

January 20, 2014 at 5:44 AM

trims infonya nih bisa langsung praktik baut lantai blakang rumah yang licin

January 20, 2014 at 6:04 AM

wah ternyata bisa dengan benda-benda itu ya, layak dicoba nih

January 20, 2014 at 7:36 AM

Boleh juga nih tips nya. oya Pemutih pakaian dan kaporit kan berbahan kimia juga mas :)

January 20, 2014 at 7:39 AM

Mantap gan infonya
follow juga ya gan blog saya yang http://mas-onqi.blogspot.com/

January 20, 2014 at 4:11 PM

dari bahan yang ada dan tentunya tidak berbahaya, ternyata bisa bermanfaat untuk mmbersihkan lumut, mantap gan...skalian flw

January 20, 2014 at 5:51 PM

ternyata banyak juga ya sob alternatif untuk membersihkan noda ini...keren, terima kasih sob infonya jadi menambah pengetahuan saya....bisa saya praktekkan nanti

January 20, 2014 at 8:43 PM

kalau larutan garam ini malah saya baru tahu...boleh sebagai ilmu tambahan nih pak

January 20, 2014 at 11:32 PM

Mantap infonya :D , Bisa di coba di rumah nih :D

January 21, 2014 at 1:40 AM

waah bisa dicoba nih, makasih infonyaa ^^

January 21, 2014 at 11:41 PM

wah.. artikel yang sangat bermanfaat.

oyia ini kunjungan balasan dari http://comtelweb.blogspot.com

January 22, 2014 at 2:30 AM

kunjungan sore sob,,,

follback sukses #16

January 22, 2014 at 6:18 AM

thank infonya... btw ud follow balik ya

January 25, 2014 at 2:54 PM

Pas banget ini.. untuk membersihkan bak tandon di mushola yang sering kena lumut,..
makasih, sya coba yg trik garam

January 25, 2014 at 5:09 PM

dah follow balik ya...btw ok2 tipsnya...thanks..

January 26, 2014 at 12:12 AM

wah harus selalu dirawat ya pak agar rumah kita nggak lumuten hehe :D

January 29, 2014 at 3:26 PM

bagus inih tip untuk membersihkan lumut. Kudu coba inih. Saia pilih yang paling alami sajah. Pemutih bukanya kimia juga yah?

January 29, 2014 at 8:33 PM

bermanfaat sekali ini,terima kasih

February 1, 2014 at 10:49 AM

makasih nih soba atas informasi nya.. se waktu-waktu pasti akan berguna nih..

February 1, 2014 at 1:42 PM

oh gitu ya...
caranya... :D

February 2, 2014 at 1:40 AM

Larutan garam bisa juga ya mas membersihkan lumut belum pernah coba juga ini

February 16, 2014 at 7:08 PM

wah... infonya sangat membantu mas.... memang butuh ketlatenan untuk membersihkan lumut ini....

February 18, 2014 at 9:24 PM

Saya biasanya membersihkan pake det*l hehehe

February 19, 2014 at 8:59 PM

@Mohammad IsnaeniSama-sama, terimakasih telah berkunjung....

February 19, 2014 at 9:00 PM

@Nura NuranuranikuWalaikumsalam. Sama-sama, selamat mencoba. Terimakasih atas kunjungannya....

February 19, 2014 at 9:01 PM

@Laurencius RendySama-sama teman. Terimakasih atas kunjungannya..

February 19, 2014 at 9:02 PM

@Uda AwakIya sama-sama mas. Terimakasih telah berkunjung....

February 19, 2014 at 9:04 PM

@Eka SoepadmoSama-sama. Selamat mencoba, semoga membantu. Terimakasih atas kunjungannya..

February 19, 2014 at 9:05 PM

@Beranda KataSelamat mencoba, Terimakasih telah berkunjung..

February 19, 2014 at 9:07 PM

@tahar onqiSiap :)

February 19, 2014 at 9:08 PM

@wongcrewchildIya benar. Terimakasih atas kunjungannya..

February 19, 2014 at 9:09 PM

@wewengkon sumedangSama-sama sob, selamat mempraktekan. Terimakasih atas kunjungannya :)

February 19, 2014 at 9:11 PM

@Agus SetyaIya pak, larutan garam pun bisa :)

February 19, 2014 at 9:11 PM

@semeru purnaTerimakasih, selamat mencoba. Terimakasih telah berkunjung :)

February 19, 2014 at 9:12 PM

@Ranii SaputraSama-sama, selamat mencoba. Terimakasih telah berkunjung :)

February 19, 2014 at 9:14 PM

@comtel cellOK, terimakasih telah berkunjung :)

February 19, 2014 at 9:15 PM

@Ngampus IndoOk sob, siap....

February 19, 2014 at 9:15 PM

@NandarSama-sama, follback kembali :)

February 19, 2014 at 9:17 PM

@Wahyu AlfiansyahSelamat mencoba. Termakasih atas kunjungannya :)

February 19, 2014 at 9:22 PM

@Wahyu AlfiansyahSama-sama. selamat mencoba. Terimakasih telah berkunjung..

February 19, 2014 at 9:23 PM

@IrowatiIya siap....:)

February 19, 2014 at 9:23 PM

@Wahyu Eka PrasetiyariniBetul, harus perlu perawatan....

February 19, 2014 at 9:25 PM

@Mus DjonoSelamat mencoba :)

February 19, 2014 at 9:26 PM

@Thanjawa Arifsama-sama, terimakasih atas kunjungannya :)

February 19, 2014 at 9:26 PM

@Aldino AkmelPasti, semoga membantu. Terimakasih atas kunjungannya :)

February 19, 2014 at 9:27 PM

@Himawan AWIya. Jangan lupa mempraktekannya :)

February 19, 2014 at 9:28 PM

@AndriBoleh di coba mas.... :)

February 19, 2014 at 9:29 PM

@mh najiibSama-sama mas, selain tlaten juga harus ulet dan sabar mas :)

February 19, 2014 at 9:30 PM

@Titis AyuningsihWah wah, masa bawa-bawa merk ne....he he

February 20, 2014 at 11:21 PM

Makasih gan atas tipsnya.

March 21, 2014 at 12:48 AM

terima kasih ats infonya mas..sangat berguna.. mantap sekali ..

March 24, 2014 at 8:46 PM

tips yang bermanfaat dan pasti banyak org yg nyari nih

April 2, 2014 at 7:25 AM

tipsnya bisa dicoba, lumut tiap hari cepat sekali tumbuhnya, harus rajin menyikatnya biar lumut cepat hilang

Anonymous
August 31, 2014 at 7:01 PM

Hallo frend, numpang tanya cara menghilangkan lumut pada lantai/ dak terbuka/plesteran yang cukup membandel. Apakah cukup bila diplester ulang saja atau harus dimusnahkan dulu lumutnya sekaligus tempat yang lembabnya didrain dulu?

trims ats tipsnya . kebetulan di belakang rumah saya banyak lumutnya. maklum jarang dikunjungi.

April 17, 2015 at 10:50 PM

@Anonymous Lumut mudah sekali tumbuh ditempat yang lembab, apalagi tidak terkena sinar matahari. Kalau Anda hanya ingin menghilangkan lumut untuk sementara waktu, langsung diplester aja tidak masalah. Namun dalam waktu dekat, lumut pasti tumbuh lagi. Jika hal ini tidak mau terjadi, sebaiknya pastikan tempat tersebut kering dan tidak lembab. Jadi setelah diplester ulang, lumut enggan tumbuh. Begitu saran kami. Terimakasih. Semoga membantu.

May 21, 2015 at 5:03 AM

Menarik dan sangat bermanfaat sekali tipsnya mas, saya izin serap dan coba praktiken deh :)
Trims ya :)

June 3, 2015 at 12:39 AM

Nice, artikel yang bermanfaat thanks

December 26, 2016 at 8:05 PM

website informatif dan bagus, semoga selalu memberikan berita yang terbaik, salam dari konveksi kaos bandung

Post a Comment

 
Support : Google | Yahoo | Bing | MSN | Altavista | Baidu
Copyright © 2011. Informasi Perumahan Yogyakarta - All Rights Reserved
Solusi Mudah Cari Rumah @ Property Marketing
Published by www.PerumJogja.info