Home » , » Cara Alami Membasmi Rayap

Cara Alami Membasmi Rayap

Tips Perawatan Rumah

Kita sering kali merasa kesal ketika kayu sebagai penyangga rumah kita di serang oleh rayap. Hewan yang satu ini memang masih misterius asalnya. berdasarkan pengalaman ternyata rayap merupakan hasil metamorfosa dari laron. Saat musim hujan tiba, biasanya rumah kita akan didatangi banyak laron yang mengerubungi lampu. Kita harus hati-hati dengan keberadaan laron-laron ini. Sebab, laron akan bermetamorfosis menjadi rayap yang kemudian menyusup ke dalam rumah. Rayap banyak ditemui di atap, kusen, daun pintu dan jendela yang terbuat dari kayu. Ciri-ciri bahwa kayu telah diserang  rayap adalah adanya butir-butir halus berwarna putih di sekitarnya dan pada salah satu bagian batang kayu juga telah mengalami pengeroposan. Jika sudah begini, mau tak mau kita harus keluar biaya untuk mengganti kayu atap rumah, kusen,  daun pintu serta jendela yang rusak karena rayap. Nah kalau sudah begini kita harus putar otak berfikir bagaimana untuk membasmi rayap tersebut. Tidah usah repot kami punya solusinya yang tentunya dengan biaya murah dan ramah lingkungan karena bahan-bahan tersebut bisa kita temui di sekitar kita. Bahan tersebut antara lain :
1. Puntung Rokok
Caranya, rendam 10 batang puntung rokok kedalam 2 gelas air lalu tambahkan garam 1/2 sendok makan. Biarkan larutan ini selama semalam. Setelah itu, saring larutan  dan masukkan ke dalam alat penyemprot. Lalu, semprotkan pada bagian kayu yang terserang rayap.
2. Air Bekas Mencuci Beras
Siram bagian kayu yang menjadi sarang rayap dengan air bekas cucian beras. Air yang digunakan adalah air cucian beras pertama. Air ini akan membuat rayap pergi.
3. Daun Pepaya dan Daun Sirih
Caranya, masukkan daun pepaya dan daun sirih ke dalam blender. Perbandingannya 2 untuk daun pepaya dan 1 untuk daun sirih. Tambahkan air secukupnya. Blender daun tersebut sampai halus,kemudian saring untuk mendapatkan airnya. Tambahkan air hasil saringan tersebut dengan alkohol 70% dengan perbandingan 2 : 3. Masukan larutan ke dalam alat penyemprot. Lalu, semprotkan pada bagian kayu yang terserang rayap.
4. Air Kapur sirih
Sifat panas dari kapur sangat berbahaya sekali bagi rayap yang memiliki kulit tipis dan lembut. Oleh karena itu air kapur sirih ini sangat efektif untuk membasmi rayap. Caranya campur kapur sirih dengan air lalu siramkan air kapur sirik ke kayu yang di serang atau juga langsung ke sarang rayap.
5. Garam Dapur
Taburkan garam ke dalam sarang rayap, mungkin cara ini kurang efektif karena garamnya hanya mengenai bagian permukaan sarang saja. Agar lebih efektif campurkan garam dengan air dan tembakau. Diamkan selama satu malam lalu semprotkan atau siramkan di tempat-tempat yang ada rayapnya.
6. Kapur barus dan kapur ajaib
Siapkan kapur barus 10 biji(ukuran kecil) dan kapur ajaib pembasmi semut/kecoa (2batang).
Hancurkan kedua bahan tersebut hingga halus, lalu campurkan. Setelah campuran merata, taburkan segera ke daerah-daerah yang terkena serangan rayap. Tunggu selama 1 jam, hasilnya rayap-rayap akan mati dan tidak akan kembali lagi.

Keenam cara di atas semoga dapat bermanfaat bagi Anda, cara yang mudah bukan? Dan tentunya bahan yang di gunakan sangat mudah kita dapatkan.
Share this product :

19 comments

Post a Comment

 
Support : Google | Yahoo | Bing | MSN | Altavista | Baidu
Copyright © 2011. Informasi Perumahan Yogyakarta - All Rights Reserved
Solusi Mudah Cari Rumah @ Property Marketing
Published by www.PerumJogja.info