Home » , » Cara Mudah Membersihkan Lantai Rumah

Cara Mudah Membersihkan Lantai Rumah

Tips Perawatan Rumah

“ Rumahku istanaku, rumahku adalah surgaku “ ungkapan ini pas bagi anda yang mengidam-idamkan rumah yang bersih dan sehat. Rumah menjadi tempat yang pas untuk bersantai dan berkumpul bersama keluarga. Meskipun kecil, sederhana dan tidak terbuat dari beton pun sebuah rumah akan menjadi istana bagi pemiliknya. Untuk mendapatkan kenyamanan, kebersihan rumah adalah nomor satu. “Kebersihan adalah pangkal kesehatan”  jelas makna dari kata-kata tersebut ditujukan kepada kita untuk selalu menjaga kesehatan melalui kebersihan baik secara jasmani, rohani, maupun kebersihan dalam lingkungan sekitar. Seringkali kali kita dipusingkan dengan hal-hal sepele seperti lantai rumah yang sulit untuk dibersihkan, Lantai sendiri merupakan bagian rumah yang penting, sehingga harus diberikan perawatan dan dijaga kebersihannya. Kebersihan akan mempengaruhi kesehatan penghuni rumah, terlebih untuk Anda yang memiliki buah hati masih balita kebersihan lantai harus benar-benar Anda jaga dan perhatikan. Berikut beberapa tips untuk membersihkan lantai sesuai dengan jenis lantai :

1. Lantai Semen
Gunakan  serbuk kayu atau dengan ampas parutan kelapa. Campurkan serbuk atau ampas parutan kelapa dengan minyak tanah lalu taburkan ke lantai gosok-gosokan ampas tersebur dengan kaki atau bisa juga dengan sapu, jika sudah merata lalu sapu lantai hingga bersih. Lakukan secara teratur, maka lantai akan terlihat lebih mengkilap seperti keramik.

2. Lantai Kamar Mandi
- Siapkan batu apung dan air sabun kemudian gosok-gosokkan pada lantai yang berkerak,    lakukan secara berulang, kemudian bilas dengan air bersih. Cara lain,
- Siapkan bubuk kaporit, basahi terlebih dahulu lantai kamar mandi lalu taburkan bubuk kaporit ke  lantai kamar mandi. Diamkan selama 30 menit sampai 1 jam hingga berbuih. Selanjutnya, bilas dengan air, lalu sikat lantai dengan air sabun. Setelah itu, bilas lagi dengan air.
- dengan asam citrat atau biasa disebut sitrunsir. Basahi terlebih dahulu lantai kamar mandi lalu taburkan asam citrat ke lantai, diamkan selama kurang lebih 1 jam, gosok-gosok dengan sikat, kemudian bilas dengan air hingga bersih.
Cara-cara di atas juga bisa diaplikasikan pada dinding kamar mandi rumah Anda.

3. Lantai Granit/Marmer
- Gunakan jeruk nipis campur dengan soda kue serta bayclin atau pemutih pakaian, campurkan bahan tadi dengan air hangat, aduk sampai bahan tercampur rata. Kemudian gosok-gosokan ke lantai yang kotor dengan sikat. Bilas dengan air bersih atau bisa juga dengan cara di pel. Hindari menggunakan cairan pelitur karena cairan pelitur justru akan membuat warna asli lantai granit/marmet pudar. Cara lain,
- Tuangkan cuka secukupnya pada lantai yang kerkena noda diamkan selama 5 menit. Kemudian gosok dengan kain pel hingga bersih.
Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi Anda.
Share this product :

2 comments

Post a Comment

 
Support : Google | Yahoo | Bing | MSN | Altavista | Baidu
Copyright © 2011. Informasi Perumahan Yogyakarta - All Rights Reserved
Solusi Mudah Cari Rumah @ Property Marketing
Published by www.PerumJogja.info