Home » , » Sesuaikan Anggaran Untuk Membeli Rumah

Sesuaikan Anggaran Untuk Membeli Rumah

Tips Membeli Rumah

Membeli rumah memang gampang-gampang susah dan bukan suatu perkara yang mudah. Orang jawa banyak yang mengatakan kalau membeli rumah adalah “pulung” atau keberuntungan. Tidak semua orang bisa mendapat rumah sesuai keinginan ataupun harapan. Bahkan orang yang berduit pun bukan berarti gampang memilih rumah sesuai harapan. Lebih-lebih membeli rumah lama, atau sering juga disebut rumah second, pemilihannya lebih pelik lagi. Sebab, ada rumah yang kelihatannya dari luar bagus, tapi konstruksinya sudah rapuh, ada juga rumah tua yang kelihatannya agak kusam, tapi ternyata rumah tersebut memiliki kualitas bangunan yang cukup bagus. Bisa jadi warna kusam yang tarcipta hanya lantaran catnya sudah usang, dan begitu dicat baru, rumah tersebut kelihatan megah lagi.
Berbagai kondisi rumah tersebut penting diperhatikan, sebab bila seseorang salah memilih rumah, bisa-bisa biaya perawatannya cukup besar. Apalagi yang berpenghasilan pas-pasan, atas dasar itulah, beberapa tips sebelum membeli rumah bekas di bawah ini Iayak Anda cermati.

Sebaiknya Anda menetapkan anggaran pembelian rumah sesuai kemampuan. Misalnya anggaran maksimal ditetapkan Rp 300 juta, maka fokus Anda adalah mencari rumah yang harganya di bawah Rp 300 juta. Jangan sampai tergiur rnembeli yang lebih dari itu, karena keseimbangan belanja rumah bisa terganggu. Tambahkan pula dalam anggaran minimal 10% untuk renovasi rumah, biaya transaksi, pindahan, dan sebagainya.

Pertimbangkan juga rencana ke depan, seperti menambah anak lagi, ingin melakukan renovasi, dan sebagainya. Bila Anda berencana memakai KPR, rumah yang Anda inginkan haruslah bersertifikat hak milik, ber-IMB, dan mempunyai nilai jual di pasaran.
Share this product :

Post a Comment

 
Support : Google | Yahoo | Bing | MSN | Altavista | Baidu
Copyright © 2011. Informasi Perumahan Yogyakarta - All Rights Reserved
Solusi Mudah Cari Rumah @ Property Marketing
Published by www.PerumJogja.info